BAYU TRISNAWAN

Berpacu menjadi yang terbaik

sistem cerdas

diposting oleh bayu-t--fst10 pada 10 March 2013
di Umum - 0 komentar

PENGERTIAN SISTEM CERDAS

            Pada jaman yang teknologinya sedang berkembang sangat pesat seperti pada jaman sekarang ini, sangat banyak alat-alat pembantu pekerjaan manusia yang sangat canggih dan bahkan alat-alat tersebut bisa berfikir dan menggunakan logikanya seperti layaknya manusia. Alat-alat canggih ini dapat berfikir dan menggunakan logikanya karena di dalam alat ini sudah di tanamkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent, AI).

kecerdasan buatan ini merupakan cabang dalam dunia komputer. Komputer di harapkan tidak hanya menjadi alat hitung saja tetapi juga dapat digunakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang dikerjakan manusia. Manusia mempunyai pengetahuan dan kemampuan logika dengan baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk melogika.

Definisi Kecerdasan Buatan adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas” (John Mc Cathy, 1956). Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas. (H.A Simon, 1987). Kecerdasan merupakan bagian kemampuan komputasi untuk mencapai tujuan dalam dunia. Ada bermacam-macam jenis dan derajat kecerdasan untuk manusia, hewan dan mesin. Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. ( Rich and Knight, 1991)

Kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic (Metode Heuristik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah yang mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang biasanya menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang lebih sederhana yang mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah yang lebih kompleks.) atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.( Encyclopedia Britannica). Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman. Memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah dan menyelesaikannya secara efektif (Winston dan Pendergast, 1994)

Kecerdasan buatan adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia. Dari perspektif pemrograman meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).

Jadi suatu saat bukanya tidak mungkin lagi jika seorang manusia akan bersaing melawan ciptaanya sendiri yang di bekali kecerdasan buatan, bahkan akan lebih unggul alat yang menggunakan kecerdasan buatan dari pada manusianya sendiri.

Aplikasi Sistem Cerdas

  1.     Sistem logika samar / fuzzy logic adalah sistem yang mengadopsi strategi kendali dengan logika inferensi samar. Logika inferensi (penyimpulan) samar ini mengolah data-data eksternal dengan menggunakan fungsi-fungsi keangotaaan yang bersifat samar. gambar di bawah ini menunjukkan struktur dasar sebuah sistem cerdas berbasis logika samar.

Sistem logika samar secara luas telah digunakan dalam aplikasi mekatronika dalam bidang pertanian seperti untuk mendeteksi kadar nitrogen hasil bumi menggunakan sensor multi-spectral . Selain itu sistem ini secara efektif juga bisa digunakan untuk mengendalikan robot bergerak.

  1.     Sistem cerdas berbasis pengetahuan adalah sistem yang memiliki kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli. Sistem ini ditunjukkan pada gambar di bawah, memiliki sebuah blok utama berupa basis pengetahuan yang berisi informasi kepakaran. Informasi kepakaran dijabarkan algoritma cerdas, dan komponen prakondisi isyarat yang mengatur kerja sensor-sensor. Algoritma cerdas inilah yang memutuskan aksi-aksi yang tepat untuk setiap keadaan/status sistem.

 

  1.      Jaringan syaraf tiruan (neural network),jaringan syaraf tiruan terinspirasi dari sistem pengorganisasian otak manusia yang terdiri dari beratus milyar sel syaraf dengan tipe yang bervariasi. Neuron adalah sel syaraf khusus yang menghantarkan isyarat elektris. Sekitar 10% dari keseluruhan sel adalah neuron, atau ada sekitar 10 milyar neuron di dalam otak manusia. Setiap neuron berinteraksi dengan neuron yang lain melalui kontak yang disebut sinapsis. Rata-rata setiap neuron menerima isyarat dari sekian ribu sinapsis. Jadi otak dibangun dari jaringan neuron dalam jumlah sangat besar. Dalam gambar di bawah ini menunjukkan jaringan syaraf tiruan (berstruktur multilapisan) dengan sejumlah neuron yang dihubungkan oleh sinaptik-sinaptik. Perbesaran dari jaringan memperlihatkan dua buah neuron yang dihubungkan oleh sebuah sinaptik. Neuron melakukan dua buah operasi yaitu operasi penjumlahan isyarat-isyarat sinaptik terboboti (S) dan operasi aktivasi non-linear (F). Sinaptik mengirimkan isyarat dari satu neuron ke neuron berikutnya dengan bobot sebesar wij yang dapat diatur melalui prosedur pelatihan.

 

*gambar dari jaringan saraf tiruan yang dapat menangkap banyak inputan.

 

Sebagian tulisan di kutip dari http://kidodi.wordpress.com/2012/02/19/pengertian-sistem-cerdas/

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :