BAYU TRISNAWAN

Berpacu menjadi yang terbaik

operating system

diposting oleh bayu-t--fst10 pada 20 May 2012
di Umum - 2 komentar

          Pada saat ini perkembangan elektronik sangatlah cepat dan saling bersaing, contohnya perkembangan telepon seluler yang semakin lama semakin canggih menuju ke telepon pintar yang kekuatannya dan fasilitasnya hampir bisa menyamai komputer portable (laptop). Bahkan tidak sedikit pula smartpone yang mempunyai Operating System (OS) seperti symbian, android dan bahkan windows. Tak ketingalan pula dengan perkembangan OS juga semakin lama semakin canggih dan berfariasi, seperti contohnya pada OS windows, OS MAC, OS LINUX.

          Perkembangan sistem operasi Berawal dari altair,yaitu perangkat komputer pertama pada tahun 1975 yang menggunakan sistem operasi CP/M dan kemudian oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS Dan berkembang dari MS-DOS versi 1.0 Pada tahun 1981 sampai MS-DOS versi 5.0 pada tahun 1991 dan sampai sekarang ini microsoft telah mengeluarkan beberapa sistem operasi mulai dari Ms windows, windows97, windows98, windows98Me, Windows2000. Windows ME, Windows XP dan yang paling terbaru adalah windows vista, windows7 dan yang paling baru saat ini adalah windows8.

          Sebelum membahas lebih lanjut mari kita bahas tentang pengertian Sistem operasi. Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

          Sistem Operasi merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

          Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X.

*Artikel ini di kutip dari

 http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-sistem-operasi-komputer-operating-system/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 Komentar

NIA FITRIANA

pada : 21 May 2012


"ehmm,,,, mana penjelasan tentang windowsnya???"


bayu trisnawan

pada : 29 May 2012


"yang windows menyusul mbk,bentar y.."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :